Subscribe:

Astronomi

Minggu, 14 Juli 2013

Rhizanthella gardneri (Anggrek Bawah Tanah)

 
Anggrek ini menakjubkan sebab menghabiskan seluruh siklus hidupnya di dalam tanah . Bunganya tumbuh tepat di bawah permukaan tanah di bawah lapisan serasah daun. Mereka tumbuh dengan hubungan dengan jamur Melaleuca uncinata (Broom Bush). Apa yang tampaknya menjadi kelopak merah muda sebenarnya bracts yang membentuk tulip berbentuk mencakup lebih dari bunga-bunga. Benjolan hitam kecil di dalam bunga adalah bunga individu. Setiap kepala berbunga dapat menghasilkan sampai 100 bunga. Seluruh kepala berbunga sekitar 2,5-3cm.

 
Indah dan aneh, Rhizanthella gardneri adalah spesies anggrek yang terancam punah  di negara bagian Australia Barat yang menghabiskan seluruh siklus hidupnya di dalam tanah . Anggrek ini parasit, mencari makanan dari spesies jamur yang hidup bersimbiosis dengan akar sikat sapu di Australia pedalaman Barat. Meski telah kehilangan kemampuan untuk berfotosintesis makanannya sendiri, di bawah tanah ini, anggrek masih mempertahankan kloroplas nya - sel sub-unit dengan gen mereka sendiri yang dalam banyak tanaman melakukan fotosintesis. Rhizanthella gardneri memiliki kloroplas gen paling sedikit dibandingkan dengan tanaman lainnya, dan mereka adalah gen yang tidak terlibat dalam fotosintesis. Gen yang tersisa dan fungsi mereka bisa memberikan wawasan baru ke dalam proses penting dalam kehidupan tanaman.
 Rhizanthella gardneri memimpin kehidupan yang sangat aneh. Tanaman menghabiskan seluruh siklus pertumbuhan dalam tanah , bahkan ketika bunga mekar beberapa sentimeter di bawah permukaan tanah. Tidak seperti kebanyakan tanaman lain, anggrek ini tidak berfotosintesis makanan sendiri tetapi malah berkembang hubungan parasit dengan jamur terkait dengan akar semak sikat sapu. (Beberapa jenis jamur hidup symbiotically dengan beberapa jenis tanaman -. Jamur menyediakan tanaman dengan nutrisi mineral dan air, dan pada gilirannya, tanaman inang menyediakan jamur dengan karbohidrat photosynthesized)
Ada hubungan yang sangat erat antara anggrek, jamur, dan sapu semak, sedemikian rupa bahwa benih anggrek ini dapat berkecambah hanya ketika terinfeksi oleh jamur tertentu, asalkan jamur sebenarnya mycorrhizing [tinggal di simbiosis dengan] sapu semak. Benih berdaging yang unik untuk anggrek. Mereka dapat dimakan oleh tikus dan masih akan berkecambah.

 
Sementara kehidupan biasa anggrek ini tentu menangkap imajinasi, memegang rahasia lain, jauh di dalam sel-sel. Fotosintesis adalah proses di mana tanaman menggunakan sinar matahari untuk mengubah air dan karbon dioksida menjadi oksigen dan gula. Hal ini dilakukan dalam kloroplas - organel dalam sel tanaman yang memberikan warna daun hijau mereka. Organel sub-unit dalam sel dengan fungsi tertentu, dan mengandung DNA mereka sendiri. Para ilmuwan berteori bahwa kloroplas berasal dari mikroba fotosintesis yang hidup bebas yang disebut cyanobacteria yang dimasukkan ke dalam sel-sel yang akhirnya akan berkembang menjadi tanaman. Selama evolusi, beberapa gen cyanobacteria dalam kloroplas entah hilang atau diekspor ke inti sel tanaman.


 
Kebanyakan tanaman dan ganggang memiliki sekitar 110 gen dalam kloroplas mereka, tetapi tidak semua dari gen-gen dikodekan untuk fotosintesis. Memilah fungsi gen-gen lain telah sulit untuk dilakukan di photosynthesizing tanaman. Tetapi sel-sel di anggrek tanah non-photosynthesizing masih mempertahankan kloroplas mereka, dan mereka kloroplas hanya harus berisi gen yang mengkode untuk fungsi lain selain fotosintesis. Dr Delannoy dan timnya sequencing genom kloroplas dari Rhizanthella gardneri dan menemukan bahwa itu hanya memiliki 37 gen, jumlah terkecil yang diketahui pada tanaman apapun. Mereka 37 gen berisi instruksi untuk sintesis empat protein nabati penting. Discover ini telah memberikan langkah signifikan terhadap pemahaman tujuan penuh kloroplas sel tanaman, dan dapat membantu para ilmuwan memahami evolusi dan fungsi organel sel lainnya.
Rhizanthella gardneri, anggrek yang hidup di bawah tanah seluruh hidupnya, tidak membutuhkan untuk fotosintesis memiliki menjadi parasit jamur yang hidup hubungan simbiosis dengan jenis kayu semak di Australia pedalaman Barat. Dibandingkan dengan tanaman lain, anggrek ini memiliki jumlah paling sedikit gen dalam kloroplas nya (sub-unit dari sel tanaman yang memiliki genom sendiri). Fungsi utama dari kloroplas pada tanaman adalah fotosintesis, tapi karena anggrek ini photosynthesizes lagi, gen-gen yang tersisa di kloroplas nya yang juga ditemukan pada tanaman lain melayani tujuan yang berbeda. Memahami fungsi dalam kloroplas Rhizanthella gardneri akan memberikan para ilmuwan dengan wawasan berharga ini anggrek tanah of Western Australia serta proses yang penting untuk kehidupan tanaman. 

sumber: http://orchids.chookman.id.au/rhizanthella/rhizanthella.html 
http://earthsky.org/earth/the-odd-life-of-an-underground-orchid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar