Subscribe:

Astronomi

Jumat, 12 Juli 2013

Pemanfaatan Kulit Pisang sebagai Semir Sepatu

 
Bagian dalam dari kulit pisang mengandung potassium yang merupakan bahan penting yang terdapat dalam semir sepatu yang ada di pasaran. Setelah menggunakan kulit pisang untuk menyemir sepatu, bersihkan sisa kulit buah yang mengandung vitamin C, B komplek dan B6 itu dengan menggunakan lap berbahan halus. 

 
Kandungan minyak yang terdapat dalam pisang akan melembutkan serta mengawetkan kulit sepatu
Dengan menggunakan kulit pisang kita dapat mengurangi pemakaian semir sepatu yang bahannya tidak alami yang lama kelamaan akan mengurangi kualitas dari sepatu itu dan selain itu dengan mengguanakan kulit pisang kita bisa mengurangi biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli semir sepatu.
Dengan memanfaatkan limbah pisang sebagai bahan-bahan yang akan meningkatkan nilai tambah dari limbah tersebut maka kita juga akan mengefisienkan biaya dan energi.  Contoh dari pengefisienan biaya adalah dengan menggunakan kulit pisang sebagai semir sepatu. Dengan menggunakan kulit pisang sebagai pemnggati dari semir sepatu kita bisa mengurangi biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli semir sepatu, dengan membeli pisang kita bisa mendapatkan dua keuntungan yaitu buah pisang yang mengandung banyak vitamin dan kulit pisang yang bisa dibuat semir sepatu. 
 Cara pembuatan semir sepatu:
  • Pisahkan pisang dari kulitnya
  • kemudian dicampur dengan alkohol 96%
  • saring dengan kain kassa
  • tempatkan dalam wadah
  • bakar adonan sehingga alkohol terpisah dengan kalium

{ 3 komentar... read them below or add one }

  1. Izin share produk Semir Sepatu Biopolish® untuk perawatan sepatu kulit dengan warna natural terbuat dari 100% bahan alami. Biopolish® dapat menjadikan sepatu kulit lebih mengkilap, terjaga kelenturannya & tahan air (anti air) sehingga sepatu kulit akan lebih awet & tahan lama.

    Info Selengkapnya : www.biopolish.com

    BalasHapus
  2. Itu kenapa harus pake alkohol yang 96%?

    BalasHapus