Subscribe:

Astronomi

Jumat, 28 September 2012

Adopsi Warna Kupu-Kupu Sebagai ID Pengenal

Adopsi Warna Kupu-Kupu Sebagai ID Pengenal
Para ilmuwan di Cambridge University telah menemukan cara meniru warna pada sayap kupu-kupu tropis, yang dapat digunakan untuk membuat ID bank dan kartu kredit sehingga jauh lebih sulit untuk dipalsukan. Tim ini membuat salinan identik struktural dari sisik pada sayap, yang menciptakan unsur warna-warni yang sama ketika cahaya matahari memantul dari sayap kupu-kupu. Para ilmuwan telah mampu meniru desain optik yang rumit ditemukan dari sayap kupu-kupu.




Mathias Kolle, dari Universitas Cambridge, mengatakan penemuan yang luar biasa seperti ini menjawab salah satu rahasia alam.
'Struktur buatan dapat digunakan untuk mengenkripsi informasi dalam tanda tangan optik pada uang kertas atau barang berharga lainnya untuk melindungi mereka dari pemalsuan, "katanya.

"Sistem ini belum sempurna dan masih perlu perbaikan tapi di masa yang akan datang kita bisa melihat struktur berdasarkan sinaran sayap kupu-kupu untuk pembuatan ID atau bahkan paspor."

Mr Kolle bekerja dengan Ullrich Profesor Steiner dan Profesor Jeremy Baumberg, mereka meneliti Kupu-kupu Merak Indonesia atau kupu-kupu (Papilio blumei), yang skala sayapnya terdiri dari struktur mikroskopik rumit menyerupai bagian dalam karton telur. Karena bentuk dan faktanya mereka terdiri dari lapisan kutikula, struktur ini menghasilkan warna yang kuat ketika cahaya memantul dari mereka (kupu-kupu).

Mr Kolle dan rekan-rekannya menggunakan kombinasi prosedur nanofabrication untuk membuat salinan identik struktural dari skala kupu-kupu, dan salinan ini menghasilkan warna hidup yang sama dengan sayap kupu-kupu '. Nanofabrication digunakan untuk membuat instrumen kecil yang luar biasa dan bisa diukur dalam nanometer. Satu nanometer setara dengan sepersejuta milimeter.

"Kami telah membuka salah satu rahasia alam berupa tiruan desain optik yang rumit bersumber dari alam," katanya

"Meskipun alam lebih baik daripada tiruan, keuntungan yang didapat bahwa penemuan ini bisa digunakan untuk berbagai hal yang lebih luas, bahan yang dibuat untuk mengoptimalkan struktur optik kami."

Kupu-kupu juga menggunakan warna untuk mengenkripsi diri sendiri, satu warna untuk calon pasangan dan warna lain untuk predator.

Mr Kolle menjelaskan: "cahaya hijau mengkilap pada skala sayap kupu-kupu tropis ini adalah contoh yang menakjubkan dari kehebatan alam dalam hal desain optik.

'Dilihat dengan peralatan optik cahaya ini muncul berwarna biru terang, tetapi dengan mata telanjang mereka tampak hijau. Ini bisa menjelaskan mengapa kupu-kupu telah berkembang dalam menghasilkan warna.

"Jika mata melihat kupu-kupu seperti biru terang, sedangkan predator hanya melihat bercak hijau di lingkungan tropis hijau, maka kupu-kupu dapat bersembunyi dari predator, sehingga predator menyangka melihat anggota spesiesnya sendiri."

Hasilnya dipublikasikan dalam Nature Nanoteknologi.
 
sumber: http://www.bacaansehat.com/2010/06/rahasia-alam-dari-kupu-kupu-para.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar