Subscribe:

Astronomi

Senin, 27 Agustus 2012

Cara Untuk Kembali ke Masa Lalu

 Kebanyakan orang selalu melupakan masa lalu dan selalu berkata "yang lalu biarlah berlalu". Tapi tidak bagiku, aku lebih suka mengenang masa lalu, masa lalu adalah hidupku, karna aku terlahir dari masa lalu. Sebenarnya kita bisa melihat masa lalu tanpa harus menggunakan mesin waktu. kita bisa melihat masa lalu dengan cara-cara sederhana berikut. :)
1.Dari Sebuah Cermin:
 
saat kita melihat cermin, cahaya dari mata kita akan menuju cermin tersebut dalam tempo waktu 1nanosecond.
dan pantulan cahaya dari cermin tersebut akan masuk ke dalam mata kita dalam tempo 1nanosecond.
dan cahaya itu adalah bayangan kta 2nanoscond.

jadi jika kita melihat kaca = kita melihat diri kita di masa lalu walaupun hanya 2nanosecond.
 
2.Dari Sinar Matahari:
Saat kita melihat sinar matahari, sebenarnya kita melihat sinar matahari yang di pancarkan oleh matahari 8 menit lalu.

Apapun yang terjadi oleh matahari, kita akan melihat 8menit berikutnya dari bumi

Matahari adalah bintang di tata-surya kita. Lebih jauh jarak suatu bintang dari bumi, waktu yang dibutuhkan sinar bintang tersebut untuk sampai di bumi bisa beberapa jam, hari, minggu, bulan bahkan tahun kemudian. Cahaya bintang yang berjarak ribuan tahun cahaya dari bumi, merupakan cahaya masa lalu, cahaya ribuan tahun lalu yang baru sampai ke bumi. Bisa jadi pada saat yang sama bintang tersebut sudah tiada.

Begitu juga dengan sinar matahari, sinarnya beberapa minggu, bulan, tahun lalu masih merambat di luar angkasa. Awal kejadian matahari hanya bisa dilihat dari jarak yang teramat jauh. Begitu juga dengan sejarah terbentuknya planet-planet yang mengitari matahari. Semua dapat dilihat dari jarak ribuan tahun cahaya dari matahari.

Andai saat ini kita bisa berada di suatu lokasi yang berjarak 1400 tahun cahaya dari matahari, tentulah kita akan melihat kejadian 1400 tahun yang lalu. Dan andai saat itu juga kita membawa teropong yang mampu menjangkau detail bumi, mungkin kita bisa melihat sesuatu yang sama-sama kita rindukan. Melihat Rasullullah. Wallahu'alam.

3. Lewat Bintang:
Bintang yang kita lihat setiap hari bisa bintang yang ada 4 tahun lalu, so siapa tau bintang itu sudah tidak ada lagi sekarang.

Karena penglihatan kita berhubungan dengan cahaya, Cahaya dari sumbernya sampai ke mata kita perlu waktu juga lho. Cahaya juga punya kecepatan dalam bergerak yaitu = > 299.792.458 meter per detik (m/s) atau 1.079.252.848,8 kilometer per jam (km/h) atau 186.282.4 mil per detik (mil/s) atau 670.616.629,38 mil per jam (mil/h). Bisa disingkat wus cepat .

Bayangkan galaksi yang kita lihat berjarak 50 juta tahun cahaya. Hmmm galaksi itu masih ada g ya sekarang
 

{ 5 komentar... read them below or add one }