Subscribe:

Astronomi

Minggu, 17 Juni 2012

Peta Langit Penentu Arah Mata Angin

http://gheagheaghea.files.wordpress.com/2011/10/rasi-bintang1.jpg?w=221&h=300 Ternyata ada sekitar 70-an benda langit penunjuk arah. Benda langit ini tidaklah harus rasi bintang, tapi juga bisa bintangnya sendiri seperti Sirius (Alpha Canis Major) yang tampak pada saat fajar di awal bulan Agustus atau pun summer triangle (segitiga musim panas) yang terdiri dari Altair (Alpha Aquilla), Deneb (Alpha Cygnus), dan Vega (Alpha Lyra) yang membantu menunjuk arah Utara.














rasi bintang yang menunjukkan arah mata angin:
1.    Rasi bintang Beruang Besar (Ursa Major), menunjukkan arah Utara.






2.    Rasi bintang layang-Layang (Crux), menunjukkan arah Selatan.





3.    Rasi bintang Pemburu (Orion), menunjukkan arah Barat.



4.    Rasi bintang Kalajengking(Scorpion), menunjukkan arah Timur.





Matahari jelas penentu paling mudah dicari. Benda langit ini akan selalu tampak terbit di Timur dan terbenam di Barat, tidak pernah sebaliknya atau berbuat serong ke Utara – Selatan. Bulan pun dapat menjadi penentu dengan memperhatikan sisi terang dan gelapnya. Ingatlah selalu bahwa sisi terang akan senantiasa menghadap ke Matahari. Maka jika tampak sore hari, sisi terang Bulan akan menghadap arah Barat sebaliknya jika pagi menghadap arah Timur. Jika kondisi Bulan saat purnama maka cukup tunggu ke arah mana dia terbenam.

Saya cukup paham tulisan ini pasti kurang menggambarkan situasi sebenarnya, karenanya saya rekomendasikan untuk download piranti lunak peta bintang seperti halnya Sideralis, Stellarium, atau yang lainnya dan cari nama-nama tersebut di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar