Subscribe:

Astronomi

Jumat, 13 April 2012

Kenapa ada bintang yang bergerak sangat cepat di langit?

Tadi malam saat di daerahku mati lampu, aku dan ibuku tiduran di teras depan rumah untuk melihat bintang. dan langitnya tadi malam sangat cerah sekali, sehingga banyak bintang yang bertaburan terlihat jelas dari biasanya. Saat sedang mengamati langit di sebelah utara. aku melihat bintang kecil berwarna merah redup sedang bergerak, berjalan dari arah barat menuju ke timur. kemudian aku juga melihat 2 bintang berwarna putih yang bergerak ke arah utara. Nah, karena aku tahu, benda ini bukan bintang, komet, ataupun meteor. karena pergerakan bintang itu terlalu lambat sehingga tidak bisa dilihat, sedangkan komet, seperti bintang tapi memiliki ekor yang panjang, dan meteor, bentuknya mirip dengan komet, tapi lebih kecil, dan hanya seperti kilatan cahaya yang amat cepat, dan biasanya meteor terlihat berkelompok, dan banyak. karena aku penasaran dengan bintang ini, maka akupun googling,dan akhirnya menemukan penjelasan tentang bintang ini.




Kadang di waktu malam gelap kita melihat ada sejenis bintang yang bergerak cepat diantara bintang-bintang yang bertaburan di langit. Apakah ia sebenarnya?

Pesawat ulang alik yang terbang menembus gas tipis di ketinggian 25 hingga 30 kali ketinggian pesawat terbang komersial. Pesawat ini terbang dengan kecepatan 8 kilometer per detik, yang menyebabkan udara berhembus cepat menembus pesawat. Dari dalam pesawat, angin yang kuat tampak berhembus, analog dengan angin yang dirasakan seseorang saat menjulurkan tangannya keluar jendela mobil saat mobil melesat. Walau begitu, gayanya sangat kecil, hanya satu per sejuta kekuatan gravitasi. Impak dari angin ini pada permukaan pesawat ulang alik memberikan dua fenomena: sebagian tubuh pesawat ulang alik terlihat berpendar di orbit, dan lainnya perlahan terkikis.
Beberapa perbedaan penting antara atmosfer bumi di permukaan tanah dengan ketinggian 250 – 300 km di tempat pesawat ini terbanglah yang membuat pesawat ulang alik berpendar dan mengalami pengikisan. Tekanan pada 300 km hanyalah satu per sepuluh miliar tekanan di permukaan tanah namun masih sebesar 10 juta hingga 100 juta kali lebih kuat dari tekanan di ruang antar planet. Komposisi kimia di atmosfer paling atas juga berbeda secara mendasar dengan atmosfer di permukaan bumi. di atas sekitar 100 kilometer campuran 20% oksigen, 80% nitrogen dan beragam gas lainnya lenyap dan digantikan dengan komposisi yang jauh lebih reaktif, salah satunya atom oksigen yang diperkuat oleh ultraviolet.
Massa dan ketebalan bahan di atmosfer atas berkurang karena mereka dimakan oleh atom oksigen. Paparan membuat pesawat ulang alik yang tidak dirancang dengan baik akan menjadi jelek dan kasar. Percobaan di laboratorium maupun antariksa dilakukan untuk mengetahui mekanisme ini.

Mekanisme Pendaran Pesawat
Pesawat ulang alik di pinggiran atmosfer berpendar dengan warna oranye. Hubungan antara pendaran dan pengikisan adalah terbalik. Artinya, bila material tersebut berpendar, m`ka ia tidak terkikis. Sebaliknya, bila terkikis, ia tidak berpendar. Hal ini berlawanan dengan asumsi kita kalau sesuatu di luar angkasa yang berpendar pasti terkikis.
Laju erosi bila permukaan pesawat dibuat oleh polimer adalah 1 atom polimer tiap hantaman 10 hingga 100 atom oksigen. Fenomena pendaran ini terjadi pada pesawat antariksa dan satelit. Hal inilah yang kadang kita amati di langit saat gelap malam dalam bentuk titik seperti bintang yang bergerak cepat.
Referensi
1.       Donald E Hunton. Shuttle Glow. Scientific American Special Issue 1990: Exploring Space, pp.28-34
2. Edmond Murad. THE SHUTTLE GLOW PHENOMENON. Annual Review of Physical Chemistry Vol. 49: 73-98 (Volume publication date October 1998)
3. Ahmadjian, M., Jennings, D. E., Mumma, M. J., Espenak, F., Rice, C. J., Russell, R. W., Green, B. D. Infrared Spectral Measurement of Space Shuttle Glow (2006)
4. J. J. Osborne, I. L. Harris, G. T. Roberts, and A. R. Chambers. Satellite and rocket-borne atomic oxygen sensor techniques. Rev. Sci. Instrum. 72, 4025 (2001)

{ 9 komentar... read them below or add one }

  1. wah, sangat sama dengan yang aku lihat barusan.. saat berangkat ke masjid untuk sholat shubuh sembari melihat bintang di langit, tiba-tiba aku melihat seperti titik putih yang berjalan dengan sangat cepat... karena penadaran aku googling saja.. ketemu deh ma blog ini.. makasih infonya..

    BalasHapus
  2. wah,baru kemarin saya juga melihat bintang bergerak.tapi jelas itu bukan pesawat,karena aturannya pesawat lampunya pasti berkedip.sedangkan yang saya lihat itu tidak berkedup.dan,hebatnya lagi beberapa menit kemudian muncul lagi benda yang sama.

    BalasHapus
  3. Sama aku juga pernah melihat semacam bintang yg berjalan dari arah selatan ke utara. dan dari utara ke selatan. sering banget bintang2 itu bergerak. dan lebih herannya lagi benda itu berjalan tidak lurus saja tapi dia ada beloknya juga.
    kejadian ini aku lihat dengan mata kepalaku sendiri sekitar pukul dua malam. 3 tahun yg lalu. ada pun tgl dan bulannya aku lupa.

    BalasHapus
  4. Kemarin malam pukul 8 saat saya sedang duduk di luar entah mengapa saya melihat titik putih terbang seperti pesawat menuju kearah timur, namun saat saya ingin mengambil gambarnya titik putih itu tiba-tiba saja menghilang begitu saja dalam durasi beberapa detik, padahal pada saat itu langit sedang cerah tanpa awan sedikitpun.
    Malam ini juga, saat saya sedang duduk di luar lagi tiba-tiba saja muncul kembali titik aneh terlihat redup melintas menuju selatan, namun dalam beberapa menit kemudian muncul kembali titik aneh bercahaya redup melintas menuju utara, jika itu satelit ISS tidak mungkin bukan jika satelit itu tiba-tiba berubah arah dalam beberapa menit yang seharusnya satelit itu terus mengitari bumi dari arah yang sama bukan berlawanan.

    BalasHapus
  5. saya juga melihat bintang tanpa berkedip dg gerakan agak cepat. kalo pesawat kan berkedip. tp ini tidak. dari utara saya liat semua bintang, trnyta saya perhatikan ada yg bergerak begitu. awal nya terang, bergerak n perlahan redup n hilang, saya tunggu lagi, eh ada lg kmbali terang , redup n hilang lg ke arah selatan. itu apa ya ? saya jd kepkiran berita td sore yg kt nya satelit yg neliti saturnus akn di musnahkan jrna misi utk neliti saturnus sdh selesai. dimusnahkan krna tkt nya mngganggu satelit lain

    BalasHapus
  6. saya juga melihat bintang tanpa berkedip dg gerakan agak cepat. kalo pesawat kan berkedip. tp ini tidak. dari utara saya liat semua bintang, trnyta saya perhatikan ada yg bergerak begitu. awal nya terang, bergerak n perlahan redup n hilang, saya tunggu lagi, eh ada lg kmbali terang , redup n hilang lg ke arah selatan. itu apa ya ? saya jd kepkiran berita td sore yg kt nya satelit yg neliti saturnus akn di musnahkan jrna misi utk neliti saturnus sdh selesai. dimusnahkan krna tkt nya mngganggu satelit lain

    BalasHapus
  7. Aku sering lihat dari kecil dan blm lama ini lihat didaerah palagan ada 2x pertama dari selatan ke utara terlihat seperti bintang berjalan dan disusul dibelakangnya ada lagi, kalau kata papahku dari dulu kecil itu namanya satelit jd aku selalu liat dan mengartikannya itu satelit. Hehe

    BalasHapus
  8. Saya pernah lihat sekitar th 2014 bintang tak berkedip bergerak dr selatan ke utara. Sy melihat seperti itu 2 hari berturut turut pada pukul 17.20. Benda itu awalnya berjalan lurus dg kecepatan tetap. Namun beberapa detik kemudian benda itu bergerak sangat cepat sekali sehingga seperti menghilang, saking cepatnya.
    Benda yg sama saya lihat hari ini saat habis subuh jam 04.25 dg ciri2 yg sama.

    BalasHapus
  9. Benda yg sama sy lihat hari ini tgl 7 Nov 2017. Bergerak lurus dr barat ke timur. Ciri2nya sama, bergerak seperti kecepatan pesawat pada Umumnya, tiba2 kemudian langsung bergerak sangat cepat, seperti bergerak ke atas sedikit. Cuma 2 detik penglihatan saya kehilangan benda itu. Apa memang ada kecepatan pesawat seperti itu?

    BalasHapus