Subscribe:

Astronomi

Jumat, 13 April 2012

Kenapa ada bintang yang bergerak sangat cepat di langit?

Tadi malam saat di daerahku mati lampu, aku dan ibuku tiduran di teras depan rumah untuk melihat bintang. dan langitnya tadi malam sangat cerah sekali, sehingga banyak bintang yang bertaburan terlihat jelas dari biasanya. Saat sedang mengamati langit di sebelah utara. aku melihat bintang kecil berwarna merah redup sedang bergerak, berjalan dari arah barat menuju ke timur. kemudian aku juga melihat 2 bintang berwarna putih yang bergerak ke arah utara. Nah, karena aku tahu, benda ini bukan bintang, komet, ataupun meteor. karena pergerakan bintang itu terlalu lambat sehingga tidak bisa dilihat, sedangkan komet, seperti bintang tapi memiliki ekor yang panjang, dan meteor, bentuknya mirip dengan komet, tapi lebih kecil, dan hanya seperti kilatan cahaya yang amat cepat, dan biasanya meteor terlihat berkelompok, dan banyak. karena aku penasaran dengan bintang ini, maka akupun googling,dan akhirnya menemukan penjelasan tentang bintang ini.




Kadang di waktu malam gelap kita melihat ada sejenis bintang yang bergerak cepat diantara bintang-bintang yang bertaburan di langit. Apakah ia sebenarnya?

Pesawat ulang alik yang terbang menembus gas tipis di ketinggian 25 hingga 30 kali ketinggian pesawat terbang komersial. Pesawat ini terbang dengan kecepatan 8 kilometer per detik, yang menyebabkan udara berhembus cepat menembus pesawat. Dari dalam pesawat, angin yang kuat tampak berhembus, analog dengan angin yang dirasakan seseorang saat menjulurkan tangannya keluar jendela mobil saat mobil melesat. Walau begitu, gayanya sangat kecil, hanya satu per sejuta kekuatan gravitasi. Impak dari angin ini pada permukaan pesawat ulang alik memberikan dua fenomena: sebagian tubuh pesawat ulang alik terlihat berpendar di orbit, dan lainnya perlahan terkikis.
Beberapa perbedaan penting antara atmosfer bumi di permukaan tanah dengan ketinggian 250 – 300 km di tempat pesawat ini terbanglah yang membuat pesawat ulang alik berpendar dan mengalami pengikisan. Tekanan pada 300 km hanyalah satu per sepuluh miliar tekanan di permukaan tanah namun masih sebesar 10 juta hingga 100 juta kali lebih kuat dari tekanan di ruang antar planet. Komposisi kimia di atmosfer paling atas juga berbeda secara mendasar dengan atmosfer di permukaan bumi. di atas sekitar 100 kilometer campuran 20% oksigen, 80% nitrogen dan beragam gas lainnya lenyap dan digantikan dengan komposisi yang jauh lebih reaktif, salah satunya atom oksigen yang diperkuat oleh ultraviolet.
Massa dan ketebalan bahan di atmosfer atas berkurang karena mereka dimakan oleh atom oksigen. Paparan membuat pesawat ulang alik yang tidak dirancang dengan baik akan menjadi jelek dan kasar. Percobaan di laboratorium maupun antariksa dilakukan untuk mengetahui mekanisme ini.

Mekanisme Pendaran Pesawat
Pesawat ulang alik di pinggiran atmosfer berpendar dengan warna oranye. Hubungan antara pendaran dan pengikisan adalah terbalik. Artinya, bila material tersebut berpendar, m`ka ia tidak terkikis. Sebaliknya, bila terkikis, ia tidak berpendar. Hal ini berlawanan dengan asumsi kita kalau sesuatu di luar angkasa yang berpendar pasti terkikis.
Laju erosi bila permukaan pesawat dibuat oleh polimer adalah 1 atom polimer tiap hantaman 10 hingga 100 atom oksigen. Fenomena pendaran ini terjadi pada pesawat antariksa dan satelit. Hal inilah yang kadang kita amati di langit saat gelap malam dalam bentuk titik seperti bintang yang bergerak cepat.
Referensi
1.       Donald E Hunton. Shuttle Glow. Scientific American Special Issue 1990: Exploring Space, pp.28-34
2. Edmond Murad. THE SHUTTLE GLOW PHENOMENON. Annual Review of Physical Chemistry Vol. 49: 73-98 (Volume publication date October 1998)
3. Ahmadjian, M., Jennings, D. E., Mumma, M. J., Espenak, F., Rice, C. J., Russell, R. W., Green, B. D. Infrared Spectral Measurement of Space Shuttle Glow (2006)
4. J. J. Osborne, I. L. Harris, G. T. Roberts, and A. R. Chambers. Satellite and rocket-borne atomic oxygen sensor techniques. Rev. Sci. Instrum. 72, 4025 (2001)

{ 35 komentar... read them below or add one }

  1. wah, sangat sama dengan yang aku lihat barusan.. saat berangkat ke masjid untuk sholat shubuh sembari melihat bintang di langit, tiba-tiba aku melihat seperti titik putih yang berjalan dengan sangat cepat... karena penadaran aku googling saja.. ketemu deh ma blog ini.. makasih infonya..

    BalasHapus
  2. wah,baru kemarin saya juga melihat bintang bergerak.tapi jelas itu bukan pesawat,karena aturannya pesawat lampunya pasti berkedip.sedangkan yang saya lihat itu tidak berkedup.dan,hebatnya lagi beberapa menit kemudian muncul lagi benda yang sama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga kemarin melihat bintang yang bergerak lurus saya pikir kalau pesawat kedap kedip lampunya tapi kalau ini ngk seperti bintang pada umumnya tetapi bergerak

      Hapus
  3. Sama aku juga pernah melihat semacam bintang yg berjalan dari arah selatan ke utara. dan dari utara ke selatan. sering banget bintang2 itu bergerak. dan lebih herannya lagi benda itu berjalan tidak lurus saja tapi dia ada beloknya juga.
    kejadian ini aku lihat dengan mata kepalaku sendiri sekitar pukul dua malam. 3 tahun yg lalu. ada pun tgl dan bulannya aku lupa.

    BalasHapus
  4. Kemarin malam pukul 8 saat saya sedang duduk di luar entah mengapa saya melihat titik putih terbang seperti pesawat menuju kearah timur, namun saat saya ingin mengambil gambarnya titik putih itu tiba-tiba saja menghilang begitu saja dalam durasi beberapa detik, padahal pada saat itu langit sedang cerah tanpa awan sedikitpun.
    Malam ini juga, saat saya sedang duduk di luar lagi tiba-tiba saja muncul kembali titik aneh terlihat redup melintas menuju selatan, namun dalam beberapa menit kemudian muncul kembali titik aneh bercahaya redup melintas menuju utara, jika itu satelit ISS tidak mungkin bukan jika satelit itu tiba-tiba berubah arah dalam beberapa menit yang seharusnya satelit itu terus mengitari bumi dari arah yang sama bukan berlawanan.

    BalasHapus
  5. saya juga melihat bintang tanpa berkedip dg gerakan agak cepat. kalo pesawat kan berkedip. tp ini tidak. dari utara saya liat semua bintang, trnyta saya perhatikan ada yg bergerak begitu. awal nya terang, bergerak n perlahan redup n hilang, saya tunggu lagi, eh ada lg kmbali terang , redup n hilang lg ke arah selatan. itu apa ya ? saya jd kepkiran berita td sore yg kt nya satelit yg neliti saturnus akn di musnahkan jrna misi utk neliti saturnus sdh selesai. dimusnahkan krna tkt nya mngganggu satelit lain

    BalasHapus
  6. saya juga melihat bintang tanpa berkedip dg gerakan agak cepat. kalo pesawat kan berkedip. tp ini tidak. dari utara saya liat semua bintang, trnyta saya perhatikan ada yg bergerak begitu. awal nya terang, bergerak n perlahan redup n hilang, saya tunggu lagi, eh ada lg kmbali terang , redup n hilang lg ke arah selatan. itu apa ya ? saya jd kepkiran berita td sore yg kt nya satelit yg neliti saturnus akn di musnahkan jrna misi utk neliti saturnus sdh selesai. dimusnahkan krna tkt nya mngganggu satelit lain

    BalasHapus
  7. Aku sering lihat dari kecil dan blm lama ini lihat didaerah palagan ada 2x pertama dari selatan ke utara terlihat seperti bintang berjalan dan disusul dibelakangnya ada lagi, kalau kata papahku dari dulu kecil itu namanya satelit jd aku selalu liat dan mengartikannya itu satelit. Hehe

    BalasHapus
  8. Saya pernah lihat sekitar th 2014 bintang tak berkedip bergerak dr selatan ke utara. Sy melihat seperti itu 2 hari berturut turut pada pukul 17.20. Benda itu awalnya berjalan lurus dg kecepatan tetap. Namun beberapa detik kemudian benda itu bergerak sangat cepat sekali sehingga seperti menghilang, saking cepatnya.
    Benda yg sama saya lihat hari ini saat habis subuh jam 04.25 dg ciri2 yg sama.

    BalasHapus
  9. Benda yg sama sy lihat hari ini tgl 7 Nov 2017. Bergerak lurus dr barat ke timur. Ciri2nya sama, bergerak seperti kecepatan pesawat pada Umumnya, tiba2 kemudian langsung bergerak sangat cepat, seperti bergerak ke atas sedikit. Cuma 2 detik penglihatan saya kehilangan benda itu. Apa memang ada kecepatan pesawat seperti itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya mlhat mlam ini tgl 19/02/2020 jam 19:3 wib d langit aceh "pertanda apaini?

      Hapus
  10. this phenomena usually happend when you stay at hills, or go to hiking at curve places ... so, dont be full of question, its juat a normal phenomenal

    BalasHapus
  11. this phenomena usually happend when you stay at hills, or go to hiking at curve places ... so, dont be full of question, its juat a normal phenomenal

    BalasHapus
  12. Tadi pagi 04.40 sehabis shalat di mesjid saya juga melihat 2x kejadian seperti ini

    BalasHapus
  13. Ada sedikit refensi mengenai benda-benda yang bergerak di angkasa dan nyata bukanlah sebuah pesawat dan juga bukan planet ataupun bintang, sebab benda-benda langit tersebut tidak akan bergerak begitu cepat, jadi kemungkinan benda angkasa bergerak cepat tersebut bisa (mungkin) sebuah Satelit (ISS, Space Shuttle) bisa juga sebuah pesawat Siluman seperti STEALTH yang notabene nya dapat terbang diatas rata-rata ketinggian pesawat biasa, yang jelas benda terbang tersebut buatan manusia atau-pun (barangkali) benda lain yang tidak dapat di idenfikasi kan ( dalam bhs inggris : Un-Identified Flying Object /UFO), phenomenal keberadaan UFO sendiri dapat di simpulkan 50:50 dengan pesawat biasa semacam STEALTH tadi, sebab UFO sendiri adalah pesawat dengan teknologi yang jauh lebih maju dari teknologi yang ada di bumi sekarang ini dan bisa jadi pesawat UFO tersebut adalah pesawat buatan Manusia dari masa depan, anak cucu kita, 5-7 generasi didepan kita dengan teknologi pesawat dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya (1 detik =300,000KM) maka hukum dimensi, waktu, massa, biologis atas pesawat dengan kecepatan cahaya tersebut tidak berlaku (ingat Hukum E=MC2 dari Einstein dan Hukum Fisika Kelembaman Massa) jadi kesimpulan nya pesawat tersebut sedang melihat kita dibumi di masa lalu dan kita kita melihat pesawat itu dari masa depan karena dasar hukum fisika tersebut, ini sebab nya pada Kejadian Isra-Mijraj Nabi Muhammad SAW (naik ke langit ke 7) bisa menjelaskan dengan detil keadaan bumi pada Hari Kiamat....sebab kendaraan yang beliau naiki adalah Buroq....dengan kecepatan lebih dari kecepatan cahaya...jadi Beliau (NabiSAW)sudah sampai di masa depan ...dan kita ini di semua ini berada di masa lalu.....Walahualam bisawab...

    BalasHapus
  14. Barusan aku juga melihat benda persis seperti bintang.putih terang dan meluncur sangat cpt,lebih cpt dr pesawat yg biasanya lewat..heheh..sangat terang dan agak lama tadi aku melihatnya.hingga semakin redup dan keliatan kecil dan hilang..16/08/2018(18:40)

    BalasHapus
  15. yang punya pengalaman sama ,, mari kita gabung di grup astronomi melalui Grup TELEGRAM, untuk membahas hal ini..

    BalasHapus
  16. Sama aku tadi pagi lihat seperti ini

    BalasHapus
  17. Td lepas magrib sy jg lhat benda seperti bintang tak berkedip,berjalan kecepatan nya 2x laju pesawat.dari selatan- utara,bbrapa menit kemudian,muncul lg dri arah berlawanan.,Benda apa y itu?

    BalasHapus
  18. Sering melihat benda titik putih dilangit tepatnya pas bulan ramdhan , arahnya dr selatan ke utara.. masih pensaran sbnrnya apa😂

    BalasHapus
  19. Barusan juga aku lihat di langit tpi kaya bintang berbaris2 sedang berjln cepat .klo di hitung cahaya yg jl lbh dri 10 chaya .bkn aku aja yg lihat tpi aku kluargan dan ttngga jg melihat nya kira2 apa ya .psisi rumah ku di atas gunung bandung

    BalasHapus
  20. Tadi pagi aku juga melihat di langit ada bintang yang bergerak cepat saat jam 05.15 saya pikir itu pesawat ternyata bintang karena waktu itu
    matahari sudah mulai terbit
    Kalo pesawat itu enggak mungkin karena lampu pesawat saat pagi kan enggak kelihatan dan saat itu tidak ada suara
    Pesawat

    BalasHapus
  21. Aq baru lihat kemaren pas adzan subuh sehabis sahur,bintang beerjalan jumplahnya cukup lebih dari 10 an,banyak berderet deret dari arah selatan ke pojok utara...ada dua jalur dan berjalan beriringan...sampai sekarang masih takjub dan bingung sbenarnya apakah ini,tolong kalau ada yg bisa menjelaskan,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama saya juga pernah lihat seperti itu,

      Hapus
  22. Terjawab sudah teka teki yg selama ini menganggu pikiranku 😁🙏

    BalasHapus
  23. Tadi setelah isya sy rebahan diwarung lesehan dipesisir pantai,sekilas seperti samar2 ada bintang yg bergerak diantara bintang2 yg terlihat dilangit,Awalnya sy abaikan karena sy kira hamya ilusi. Tapi ketika sy coba fokuskan lagi pandangan ternyata memang benar ada benda seperti bintang samar yg bergerak, kalau melihat ukuran & jaraknya kira2 sama dgn bintang yg nampak kecil & redup. Bahkan ketika sy berkedip harus bener2 fokus untuk bisa melihatnya lagi,bintan itu bergerak cepat keutara, pemandangan itu sy lihat skitar 30detik sampai bintang itu semakin samar & tidak terlihat

    BalasHapus
  24. Saya jg melihat bintang pas abis magrib td.. Sbenarnya sblumnya jg pernah tp dh lupa bbrp bln yg lalu.. Bergrak cpt . Klo itu pesawat gk mungkn krna saya sering melihat pesawat pd mlm hr tp ada lmpu yg brkedip2 wrna hijau atau merah gtu

    BalasHapus
  25. Saya juga telah beberapa kali melihat bintang yg bergerak. Pagi tadi seusai azan subuh, terdapat 3 pergerakan bintang yg saya dapat lihat dari rumah bonda Saya di kota tinggi, Johor. Saya memang suka memandang ke langit sewaktu azan subuh dan Alhamdulillah, sentiasa teruja melihat bintang yg bergerak sehingga ia hilang dari pandangan.

    BalasHapus
  26. Saya suka melihat bintang yg beredar sehingga ianya hilang dari pandangan. Selalunya pada waktu selepas azan subuh.

    BalasHapus
  27. barusan aku juga liat juga gess,keknya lgi healing aszkjkakkaka

    BalasHapus
  28. Saya sudah beberapa kali melihat bintang yang bergerak dgn cukup cepat, dan saya melihatnya antara jam 05:00 hingga jam 05:15. Dan hari ini (Sabtu, 4 Juni 2022) saya melihatnya lagi, ada tiga bintang yang saya lihat bergerak dgn cukup cepat, yg pertama jam 05:05, terlihat sekitar 25 detik. Sekitar 2 menit kemudian terlihat lagi satu bintang bergerak dari barat ke timur, terlihat sekitar 30 detik. Kemudian pergerakan bintang yang ketiga sekitar jam 05:10, terlihat bergerak sekitar 20 detik.

    Penampakan hari ini (4 Juni 2022) adalah yang ke-5 dan waktu penampakannya hampir sama semua, sekitar jam 05:00 hingga jam 05:15.

    BalasHapus
  29. Aku setiap mandang langit, apalagi langitnya cerah + mati lampu, bnyak bnget sampe tujuh benda putih seperti bintang sedang jalan d atas langit, secara aku hitung gaes, dan nasing2 arahnya itu berbeda beda,

    BalasHapus
  30. Barusan ini jam 5:4 saya sesudah mengambil wudhu saya melihat seperti objek titik berwarna kuning keorenan melintas di langit

    BalasHapus