Subscribe:

Astronomi

Jumat, 29 Maret 2013

Tanaman yang dapat menghasilkan listrik

tanaman menghasikan listrik 
Informasi tentang tanaman dapat menghasilkan listrik. Benar-benar menakjubkan dari para ilmuwan yang berhasil dalam menemukan metode dalam mendapatkan energi listrik yaitu dengan cara dari tanaman. Teknik ini masih di gunakan pada skala kecil dan nantinya akan segera diterapkan pada daerah-daerah rawa yang lebih besar diseluruh dunia.

Cara kerja dari tanaman dalam menghasilkan listrik yaitu menarik dari tanah sambil mengalami pertumbuhan. Dari proses fotosintesi tanaman tersebut akan menghasilkan bahan organik, kemudian pada akar akan mengeluarkan hingga 70 persen dari bahan yang sudah tidak terpakai kedalam tanah. Lalu, bakteri yang ada disekitar akar akan mengurai residu organik, sehingga dari penguraian itu akan membentuk sumber listrik yang baru. Dari proses penguraian ini akan mengeluarkan elektron. Nah, untuk menampung elektron-elektron yang tersebar itu, kita bisa meletakkan elektrodan di dekat bakteri untuk menyerap elektron bebas itu, dan akhirnya menghasilkan listrik akibat adanya perbedaan potensial dari kedua elektroda tersebut.
Sel energi dari tanaman ini dihasilkan dari mikroba/bakteri yang dapat menghasilkan 0,4 watt per meter persegi pertumbuhan tanaman. Energi yang didapatkan dari proses ini lebih banyak dibandingkan energi listrik yang dihasilkan dari fermentasi biomassa. Nantinya, di masa depan biolistrik akan dapat menghasilkan sebanyak 3,2 Watt per meter persegi dari pertumbuhan tanaman. Jadi, jika dilihat cakupan listrik yang dihasikan maka tempat seluas 100 m2 akan menghasilkan listrik yang dapat memasok kebutuhan rumah tangga dengan konsumsi rata-rata 2.800 kWh/tahun.
 tanaman menghasikan listrik
Melihat kelebihan dari tanaman ini maka kita bisa berkesimpulan bahwa jika ini kita bisa kembang lagi maka akan ada sumber energi alternatif yang hijau dan dapat dihasilkan dengan skala besar-besaran dan ini akan dilaksanakan segera pada tahun 2015. Teknologi ini sangat menjanjikan namun belum secara sepenuhnya dikembangkan. Kemudian Energi ini selain hijau sekaligus ekonomis.
Oke kawan.. memang sangat menakjubkan dan luar biasa penemuan yang dilakukan oleh para ilmuwan ini. Nah, sekarang kita sebagai anak bangsa Indonesia, generasi muda Indonesia, lewat artikel diatas mudah-mudahan kita bisa termotivasi akan hal ini. Masih banyak fenomena yang lain untuk kita bisa urai agar berguna bagi bangsa dan negara.

http://ilmufajar.com/index.php/tanaman-yang-dapat-menghasilkan-listrik/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar