Subscribe:

Astronomi

Jumat, 29 Maret 2013

Mobil Pohon Yez, Penghasil Oksigen Dan menyerap Karbon Dioksida

Sebuah mobil yang sangat inovatif dipamerkan di Beijing Auto Show yang berlangsung di China. Mobil ini bisa bernafas layaknya sebuah pohon yang mengeluarkan gas oksigen, bernama YeZ. Mobil ini merupakan konsep hasil kreasi dua produsen mobil SAIC dengan GM.YeZ bukan sekedar kendaaraan listrik, tapi gabungan dari berbagai teknologi. Salah satunya adalah konversi photovoltaic di atap panel suryanya. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi turbnin angin kecil dirodanya. Bagian atap mobil akan dilengkapi dengan panel surya dan turbin angin kecil yang terletak di roda. Selain itu, YeZ juga mampu menyerap gas CO2 di udara dan mengubahnya menjadi O2.



Atap yang menyerupai daun ini memiliki ratusan solar sell yang berguna untuk menangkap panas sinar matahari dan bergerak mengikutinya agar terserap maksimal. Meski kecil, mobil ini memiliki sistem berpenggerak semua roda (all wheel drive).







Jadi, mobil ini ibarat sebuah mesin turbin raksasa yang mampu mengubah tenaga angin menjadi listrik. Untuk lebih menyerupai daun sesungguhnya, diciptakan melalui bahan organik tumbuh-tumbuhan. Kendaraan ini bisa menciptakan oksigen sebagai gas buang.

Meski masih berupa prototipe dan belum diproduksi massal sampai setidaknya 2030, mobil satu ini sudah menarik perhatian banyak orang. Namanya YeZ berarti “daun” dalam bahasa Mandarin. Berbeda dengan mobil kebanyakan yang menghasilkan emisi karbon dioksida, YeZ justru seperti daun pada tanaman beneran. Menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen.
Shanghai Automotive Industry Corporation yang mempunyai gagasan di balik YeZ. Inovasi ini dipamerkan pertama kali dalam World Expo 2010 di Shanghai, yang berakhir pada Oktober lalu. Rahasia kemampuan uniknya adalah teknologi fotosintesis buatan yang dipasang di sekujur tubuh mobil ini.
Kuncinya adalah bahan pembuat bodi mobil yang disebut sebagai metal organic frameworks. Bahan ini memungkinkan YeZ untuk menyerap karbon dioksida dari sekelilingnya, dan mengubahnya menjadi listrik dan oksigen. Kemudian listrik disimpan dalam baterai, sementara oksigen “dibuang” ke alam.
Keistimewaan YeZ bukan hanya itu. Atapnya, yang dilengkapi teknologi photoelectric converter, berfungsi sebagai panel surya yang dapat menyerap panas matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik.
Keempat roda mobil YeZ juga dirancang menyerupai baling – baling kipas angin. Tujuannya, pada saat kendaraan ini melaju dan roda berputar, udara akan tersedot ke dalam sistem turbin, dan menghasilkan listrik. Listrik yang dihasilkan dari proses ini lalu digabung dengan listrik yang dihasilkan dari konversi sinar matahari tadi, di dalam baterai. Sehingga, ketika mobil melaju dan mengkonsumsi listrik, pada saat yang sama baterai juga otomatis terisi te-rus menerus dari putaran rodanya. Semakin cepat roda berputar, semakin deras angin memutar turbin, sehingga energi listrik yang dihasilkan pun semakin besar.
Spesifikasi YeZ :
  • Atapnya terbuat dari panel surya dengan desain seperti alur pada permukaan daun. Di sini terjadi proses penyerapan sinar matahari.
  • Mobil ini berkursi dua dengan desain futuristik dan atap berbentuk daun sebagai simbol ramah lingkungan.
  • Roda menghasilkan listrik dari putaran rotor dan turbin.
  • Sinar matahari diserap atap yang bisa bergeser untuk membentuk sudut tertentu hingga maksimal menyedot energi panas.
  • Pada saat yang sama, bodi mobil menyerap karbon dioksida, dan melepas oksigen ke udara bebas.
Salah satu alasan pecinta lingkungan mencintai pohon karena daun dari pohon merupakan penyerap CO2 dari atmosfer, dan menggunakannya untuk menghasilkan energi dan memancarkan kehidupan dengan melepas oksigen. Tentunya akan lebih bagus lagi jika mobil - yang terkenal karena emisi CO2 nya - bisa melakukan hal yang sama?
Produsen mobil Cina Shanghai Automotive Industry Corporation telah mewujudakan mimpi itu. Mereka baru-baru ini meluncurkan desain untuk mobil dengan konsep photosynthesizing yang bisa menyereap karbon dioksida dari udara dan menghasilkan oksigen. Rincian disain mobil ini masih belum di diketahui namun secara umum pada dasarnya mobil ini akan terdiri dari bagian utama yang menyerupai daun.

SAIC, yang memiliki kemitraan dengan General Motors di Cina, menunjukkan desain untuk Mobil Konsep Yez ini, pada Expo 2010 di Shanghai. Yez (diucapkan "ya-zi") adalah bahasa Mandarin untuk "daun," dan itulah mengapa: kendaraan ini berbentuk terbuka dan memiliki atap seperti daun.
Rincian teknis mobil konsep ini belum dilansir, tetapi menurut sebuah artikel Xinhua, desainer Yez  Ma Zhengkun mengatakan bahwa atap Yez menyerap energi matahari dan merubahnya menjadi listrik yang membuat rotor berputar pada empat rodanya, mobil ini juga menghasilkan daya dari angin. Dari CNET Asia blogger, Juniper Foo. melaporan bahwa dua jok mobil ini akan memiliki "kerangka logam-organik," yang akan bekerja untuk menyerap CO2 dan air, mengubahnya menjadi listrik yang akan disimpan dalam baterai lithium-ion.

Konsep-konsep fotosintesis buatan yang akan digunakan di mobil  konsep ini sudah banyak diberitakan beberapa tahun lalu seperti pada penelitian yang dilakukan  MIT di laboratorium Dan Nocera. Dia dan Matthew Kanan mengembangkan proses yang menggunakan sinar matahari untuk memisahkan air menjadi hidrogen dan oksigen. Hidrogen akan digunakan dalam sel bahan bakar dan oksigen dilepas ke udara.

Dan ketika menulis tentang Yez, penulis dari Gizmag, Mike Hanlon, mengutip para peneliti di Universitas Leiden di Belanda yang sudah merintis proyek menciptakan daun buatan.

Upaya ini memungkinkan proses fotosintesis buatan bisa sangat mungkin menjadi kenyataan pada 2030.

sumber : news.discovery.com

 http://beritapopulerz.blogspot.com/2010/12/mobil-pohon-yez-penghasil-oksigen-dan.html
http://ichsansukribahanan.wordpress.com/2011/01/10/92/
http://www.solusimobil.com/artikel.php?sec=22&cat=135&postid=4230

{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. menarik untuk diwujudkan agar udara di indonesia bisa bersih demo kenaikan harga BBM tidak berlanjut

    BalasHapus