Subscribe:

Astronomi

Jumat, 31 Agustus 2012

31 Agustus, Purnama Kedua dalam 1 Bulan

Kejadian dua purnama dalam satu bulan yang sama (blue moon) biasanya terjadi hanya tiga tahun sekali.
bulan,purnama,full moon
Ilustrasi bulan purnama. (thinkstockphoto)
Agustus 2012 akan menjadi kesempatan Anda melihat dua purnama dalam satu bulan. Purnama pertama sudah terjadi pada 2 Agustus lalu, purnama berikutnya terjadi lusa, Jumat, 31 Agustus.


Menurut Profesor Riset Astronomi dan Astrofikisa Lapan Thomas Djamalauddin, ini bisa terjadi karena jumlah hari di bulan Agustus lebih dari 29,5. Di mana purnama pertama terjadi di awal bulan dan purnama berikutnya pada akhir bulan.

"Ini bukanlah fenomena, hanya kebetulan saja. Purnama pertama di 2 Agustus terjadi pukul 10.27 WIB, purnama kedua pada 31 Agustus pukul 20.58," kata Thomas pada National Geographic Indonesia, Rabu (29/8).

Purnama terjadi ketika ketika Bulan dan Matahari berada pada satu garis bujur ekliptika yang sama. Kejadian dua purnama dalam satu bulan yang sama (blue moon) biasanya terjadi hanya tiga tahun sekali.

Blue moon sebelumnya terjadi pada tahun 2009 di bulan Desember. Purnama awal terjadi pada 2 Desember pukul 14.30 WIB, kemudian purnama kedua pada 31 Desember pukul 20.13 WIB.

Blue moon berikutnya, menurut perhitungan, akan terjadi di Juli 2015. "Purnama pertama pada 2 Juli 2015 pukul 10.20 WIB dan purnama berikutnya terjadi pada 31 Juli pukul 17.43," kata Thomas.

Pemilihan kata blue moon bukan artinya bulan berwarna biru. Hanya merupakan ungkapan dua purnama dalam satu bulan dan bisa dilihat di seluruh bagian di Bumi.
Namun, tidak semua wilayah beruntung bisa melihat blue moon dalam kondisi terbaiknya. Beberapa wilayah di Amerika Serikat masih terlalu terang untuk bisa melihat Bulan. Tapi wilayah lainnya akan bisa menikmati blue moon 2012.
(Zika Zakiya. Sumber: The Examiner)


sumber: http://nationalgeographic.co.id/berita/2012/08/31-agustus-purnama-kedua-dalam-1-bulan

{ 2 komentar... read them below or add one }

  1. selamat siang mbak nira.., waah akhirnya aku bisa berkunjung kesini lagi.. :)

    dulu mbak sempet tanya darimana harus belajar astronomi di TanyaKenapa bukan? naah sampai saat ini emang aku belum nemu darimana awalnya.,

    tapi aku nemu situs menarik yang bisa nambah pengetahuan mbak nira tentang astronomi, ada disini : www.astronomi.us

    lama gak update blog yaa? hehehehe...
    Naah selamat membaca mbak niraaa :) .,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iya. Trmakasih banyak kakak infonya. Sangat bermanfaat :)

      iya. Skarang sya jarang posting karna sibuk kuliah. Jadi gak sempat ngenet, apalgi buka blog.

      Hapus