Subscribe:

Astronomi

Sabtu, 04 Oktober 2014

Kristal pada Sarang Burung Walet

Sarang burung yang berwarna putih bersih setelah dibersihkan.Pembentukan kristal dari air liur ini mungkin dapat dipelajari dengan melihat kasus pembentukan sarang burung oleh burung layang-layang. Seperti diektahui kalau burung walet atau burung seriti dapat menghasilkan sarang burung berupa padatan berwarna putih. Padatan sarang burung ini diperoleh dari air liur burung layang-layang tersebut.

Proses pembentukan sarang burung berasal dari air liur (saliva) dari burung layang-layang. Cairan tersebut bersifat seperti lem yang akan mengeras dengan mengandung banyak komponen lain yang terlarut dalam kelenjar liur tersebut. Proses yang berlangsung terus menerus sampai makan waktu 20 hari akan menghasilkan lembaran menyerupai belahan mangkok yang secara alami digunakan sebagai sarang bagi burung tersebut. Waktu 20 hari ini relatif cukup lama jika dibandingkan dengan pembentukan kristal dari air liur bayi yang dikatakan berlangsung dalam hitungan detik.
Padatan ini berwarna putih keruh sampai kecoklatan. Padatan tidak bersifat kristalin dan jika dimasukkan dalam air panas akan berubah lunak. Hal ini digunakan pada proses pengolahan sarang burung melalui tahap pemanasan atau saat digunakan pada bahan sop sarang burung. Tentu saja kalau dilihat dari pengujian yang telah dilakukan oleh pihak RSSA Malang, jelas padatan kristal yang berasal dari liur bayi ini akan berbeda dengan sarang burung ini. Sarang burung ini jelas akan rusak atau meleleh saat terkena asam sulfat pekat.
Sarang burung yang berwarna putih bersih setelah dibersihkan.
Sarang burung sehabis dipanen.
Sarang burung sehabis dipanen.
Komposisi sarang burung terutama adalah karbohidrat, asam amino dan garam mineral. Komponen protein yang utama adalah glikoprotein, sedangkan karbohidrat yang tertinggi adalah asam sialat (9%) yang cukup berperan untuk memberi khasiat dari sarang burung. Bahan karbohidrat lainnya adalah  7.2% galaktosamina, 5.3% glukosamina, 16.9% galaktosa dan 0.7% fukosa. Asam amino juga terkandung dalam sarang burung seperti yang non esensial terdiri dari asam aspartat, aam glutamat dan pralin serta dua asam amino essensial yakni threonine dan valine. Sarang burung kaya akan mineral karena umumnya berasal dari daerah yang kaya mineral di bukit berkapur atau pesisir. Garam yang ada terutama adalah garam sodium dan kalsium, selain juga mengandung sedikit magnesium, zink, mangan dan besi. Dari sini dapat ditarik kesimpulan bahwa sarang burung tidak mengandung bahan kaca atau gelas seperti yang telah diuji oleh pihak RSSA Malang.
Batu kristal yang dihasilkan dari air liur sang bayi.
Batu kristal yang dihasilkan dari air liur sang bayi.
Berdasarkan sifat sarang burung yang dapat larut dalam air, sedangkan kristal dari air liur bayi di Malang itu tidak larut, maka tentu saja diduga dua produk dari air liur ini berbeda jenisnya. Untuk itu tentu saja tetap diperlukan karakterisasi kimia dari bahan dalam kristal liur tersebut sehingga dapat diketahui secara pasti. Jika karakterisasi kimia ini tidak dilakukan maka hanya akan muncul dugaan-dugaan saja dan yang pasti hal ini akan tetap menjadi misteri.

{ 13 komentar... read them below or add one }

  1. Postingan ini sangat bermanfaat, memberikan informasi mengenai hal yang belum diketahui. Semoga postingan ini bisa memberikan motivasi untuk selalu ingin tahu.

    BalasHapus
  2. Postingan ini sangat bermanfaat, memberikan informasi mengenai hal yang belum diketahui. Semoga postingan ini bisa memberikan motivasi untuk selalu ingin tahu.

    BalasHapus
  3. Makin sukses untuk websitenya, kami akan selalu mengikuti dan hadir sebagai sahabat yang baik. Terimakasih banyak, pak/bu

    BalasHapus
  4. infonya sangat bermanfaat sekali mbak/mas, makasih yach!! beritanya bagus banget dan sangat menarik untuk di baca hari ini. Ijin share juga ya, terimakasih.

    BalasHapus
  5. Terimakasih atas semua artikel bermanfaat yang sudah anda publikasikan melalui blog yang menarik ini, saya tunggu postingan selanjutnya, have a nice day, kawan :)

    BalasHapus
  6. terima kasih atas informasinya. Semua beritanya terlihat menarik untuk di simak, mohon kunjungi juga website kami, kami tunggu. Terimakasih.

    BalasHapus
  7. Semua berita yang ada di website anda sangat menarik perhatian untuk di simak, salam sehat. . . !! Semoga beritanya dapat bermanfaat! share ya gan, thanks nih!!

    BalasHapus
  8. Semua berita yang ada di website anda sangat menarik perhatian untuk di simak, salam sehat. . . !! Semoga beritanya dapat bermanfaat! share ya gan, thanks nih!!

    BalasHapus
  9. Terimakasih gan, keep blogging. templatenya bagus ini, pengen deh punya blog kayak gini.

    BalasHapus
  10. selamat malam, uwaaah... websitenya bagus nih gan, bikin kalem hati, keep posting gan. .Saya tunggu postingan menarik lainnya di website ini. Thank you

    BalasHapus
  11. wowww nice artikel,,baru tau tuhh sarang burung wallet bermanfaat
    thanks for sharing
    ST3Telkom

    BalasHapus